CAPACITY BUILDING: Pelatihan STATA untuk Penguatan Advokasi Anggaran Berbasis Data

577

UNTUK MENINGKATKAN kapasitas internal FITRA secara nasional, pada 10-13 April 2018 SEKNAS FITRA  menyelenggarakan Pelatihan Statistik dan Data (Stata) yang diikuti oleh seluruh peneliti baik di kantor Sekretariat nasional maupun peneliti dari organisasi-organisasi anggota FITRA yang biasa disebut SiJAR. Pelatihan dilaksnakan di Depok atas support dari Knowledge Sector Inisiatif (KSI).

Menurut Yenti Nurhidayat, Manager Knowledge SEKNAS FITRA, penguasaan instrumen-instrumen untuk melakukan analisis berbasis statistik adalah bagian dari upaya FITRA  agar ke depan dapat   menghasil produk riset yang lebih berkualitas. Hal ini adalah tantangan yang dihadapi FITRA sebagai organisasi yang mengambil posisi melakukan advokasi kebijakan berbasis bukti (Evidence Advocacy).  “Kita sering melakukan penelitian berskala nasional, dan perlu mempertajam instrumen analisis, agar lebih efektif dan tajam hasilnya,” katanya.

Selama tiga hari pertemuan full-day, para peserta selain memahami filosofi dan dasar-dasar penggunaan Stata, bahasa-bahasa pemrograman yang digunakan, juga dilaksanakan praktek penggunaannya untuk menganalisis sejumlah data yang selama ini tersedia dalam bank data FITRA. 

Saat ini, FITRA tengah  mengembangkan bank data yang bisa diakses tidak hanya oleh kru SEKNAS FITRA di Kantor Jakarta namun direncanakan sebagai pusat data terbuka yang bisa diakses oleh semua organisasi anggota FITRA. “Ini semacam bank data bersama. Bukan hanya melayani penyediaan data, namun semua  SiJAR juga bisa ikut berkontribusi memperkaya bank data tersebut,” jelas Yenti. Selain itu, ada beberapa bagian dari bank data tersebut juga akan dibuka untuk publik luas. 

Dewan Nasional FITRA, Ervyn Kaffah, saat menutup acara ini, mengharapkan Peningkatan kapasitas Peneliti FITRA secara nasional dapat dipercepat dan diperbanyak intensitasnya sesuai target yang sudah disusun SEKNAS FITRA  sepanjang dua tahun ke depan. Ia juga berharap para peneliti FITRA lebih keras memacu diri untuk meningkatkan kapasitas priadi selain memastikan pemantapan sistem quality control produk-produk riset organisasi.

SJBKJADBKH