Mengawal Inisiatif Penguatan Inovasi Pelayanan Publik

480

FITRA NTB kembali mendapat kepercayaan dari Pemprov NTB untuk menjadi Dewan Juri Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik SKPD Pemda se-NTB Tahun 2017. Dewan Juri tahun ini terdiri dari Yusron Hadi (Kepala Biro Organisasi Setda Provinsi NTB), Kadri (Akademisi UIN Mataram), Agus Talino (Penanggungjawab SUARA NTB) dan Ervyn Kaffah (Sekjen FITRA NTB). 

Kompetisi yang diberi nama EnTeBeNOVIK ini  dilaksanakan setiap tahun diperuntukkan bagi seluruh SKPD baik di Pemerintah Provinsi NTB  dan Pemerintah kabupaten/kota se-NTB. Para peserta mengajukan  proposal inovasi yang dilombakan kepada sekretariat panitia yang melakukan seleksi administrasi. Inovasi yang diikutsertakan dalam kompetisi ini harus sudah pernah dilaksanakan minimal selama setahun sebelumnya. 

Para peserta yang lolos seleksi selanjutnya diundang untuk melakukan presentasi di hadapan Dewan Juri yang terdiri dari perwakilan birokrasi, akademisi, media massa dan LSM. Tahun ini presentasi dilaksanakan di Hotel Santika pada 14-15 November 2017 diikuti oleh 27 Inovasi yang telah lolos seleksi (2 berhalangan  hadir). 

Tahun 2017 ini Dewan Juri telah menetapkan 10 Inovasi  sebagai Top 10 Inovasi, ditambah 7 Inisiatif Favorit, yang penyerahan pemenangnya dilakukan oleh Gubernur NTB tepat pada pelaksanaan HUT Provinsi tanggal 17 Desember 2017.  Para pemenang kompetisi inovasi pelayanan publik ini selanjutnya akan dilakukan pembinaan khusus untuk mengikuti kompetisi inovasi pelayanan publik di tingkat nasional.

Selama tiga tahun berturut-turut, pada tahun 2015, 2016 dan 2017,  FITRA NTB mendapat kepercayaan dari Pemprov NTB untuk menjadi Dewan Juri kompetisi Entebenovik tersebut. Hal ini merupakan bentuk komitmen lembaga untuk terus mendorong dan mengawal reformasi birokrasi di NTB melalui peran mengawal inisiatif perubahan di birokrasi yang diharapkan berdampak pada perbaikan pelayanan publik. 

SJBKJADBKH